Tuesday 9 December 2014

5 Manfaat Musik Klasik untuk Ibu Hamil

5 Manfaat Musik Klasik untuk Ibu Hamil - Masa Kehamilan adalah masa yang bercampur aduknya rasa. pasti kita ingin yang terbaik untuk calon buah hati kita, salah satunya adalah sering mendengarkan musik klasik, berikut ini kami akan menjelaskan beberapa Manfaat Musik Klasik untuk Ibu Hamil, selamat membaca...

5 Manfaat Musik Klasik untuk Ibu Hamil

 Manfaat musik klasik bagi ibu hamil.

1. Musik klasik memiliki pengaruh positif untuk pertumbuhan janin dalam kandungan ibu. Musik jenis ini dapat merangsang janin sejak dalam kandungan. Jika jenis rangsangan dari music klasik ini diberikan secara terus menerus dapat memacu kecerdasan janin. Musik klasik dapat merangsang kecerdasan dari otak kanan yang berhubungan dengan kreativitas, bahasa, seni sosialisasi dan kepribadian. Selain itu musik klasik juga merangsang sistem pendengaran yang bersifat baik bagi janin.

Jenis musik seperti karya dari Mozart atau Bach dapat merangsang perluasan volume otak besar seorang janin, serta menambah aktivitas utama urat syaraf dan membantu proses rangsangan imajinasi abstrak dari pertumbuhan anak secara normal.

Rangsangan yang diberikan secara berkala pada janin seperti music klasik yang bersifat ringan, lembut serta adanya bisikan seorang ibu atau ayah dapat meningkatkan syaraf perasa janin dan meningkatkan pertumbuhan lapisan kulit otak besar batang tengah perasa yang berfungsi sebagai pondasi pengembangan kebijaksanaan. Selain itu musik klasik untuk ibu hamil memiliki manfaat secara psikis yaitu dapat membebaskannya dari stress akibat kehamilan.  Karena kondisi emosional seorang ibu hamil sangat mempengaruhi perkembangan janin yang berada dalam kandungannya.

Dari hasil penelitian ilmuwan Spanyol menemukan, bahwa janin dapat membedakan baik dan buruknya sebuah music walaupun mereka masih berada dalam kandungan sang ibu, bayi yang perkiraan kelahirannya masih berada 12 minggu dalam kandungan sangat menyukai music klasik karya Mozart, Vivaldi, Bach dan yang lainnya. Musik jenis ini adalah jenis musik yang ringan-lembut, indah, dengan harmoni tinggi.

2. Manfaat yang lain musik klasik dapat menenangkan bayi yang terlahir dini atau premateur. Biasanya anak terlahir dini atau premateur mengekspresikan rasa nyeri atau rasa tidak nyaman melalui perbuatan dan mimik wajah, bahkan terekspresikan dengan detak jantung yang bertambah cepat dan tidak teratur, tetapi ketika mereka mendapat rangsangan musik klasik, ada tipe perubahan yang sangat jelas, hal ini dapat diamati melalui kelakuan bayi yang terlahir premateur atau terlahir dini dengan ekspresi wajah serta detak jantung yang kembali teratur dan dengan kecepatan yang kembali normal.

Dari sekian banyak musik klasik, gubahan Mozart (1756-1791) adalah jenis musik yang paling disarankan sebagai musik klasik untuk ibu hamil. Beberapa penelitian memberikan bukti bahwa musik klasik jenis gubahan Mozart memberikan manfaat atau dampak paling positif bagi perkembangan janin dalam kandungan ibu dan anak-anak. Penelitian ini dilakukanan oleh peniliti Dr. Alfred Tomatis dan Don Campbell yang mereka istilahkan manfaat atau efek positif itu dengan istilah Efek Mozart.

Selain itu musik karya Mozart ini mampu merangsang dan memberdayakan zona kreatif dan motivatif otak. Hal ini disebabkan karena komposisi yang disusunnya memiliki keteraturan bunyi yang pernah dialami bayi selama dalam kandungan.
    
3. Meningkatkan Kemampuan Pendengaran
Mendengarkan musik kepada bayi saat masih dalam kandungan dapat meningkatkan kemampuan pendengaran dan konsentrasi bayi. Hal ini dikarenakan saat didengarkan musik melalui earphone yang ditempelkan pada perut ibu hamil akan dapat dirasakan suaranya oleh bayi di dalam kandungan.

4.Meningkatkan Kemampuan Respon Gerak
Bayi dalam kandungan senang bergerak dan bereaksi terhadap suara, tak khayal ada bayi yang suka menendang – nendang dalam kandungan. Dengan sering dan rutin mendengarkan selama beberapa menit berbagai genre musik, terutama ayat suci al-Quran dan musik klasik bayi akan dapat merespon suara tersebut dengan gerakan. Namun, jangan juga terlalu keras memutar musik atau berada di tempat yang bising, karena tidak baik bagi kesehatan sang buah hati.

5.Membentuk Kepribadian
Mendengarkan musik dalam kandungan dapat mempengaruhi pembentukan kepribadian calon buah hati kelak saat di dunia. Apabila yang diperdengarkan adalah musik yang kalem atau melo, kelak anak tersebut akan berprilaku kalem dan tenang. Sebaliknya, apabila diperdengarkan lagu yang ceria dan bersemangat akan membentuk kepribadian yang periang dan aktif.

Sekian artikel 5 Manfaat Musik Klasik untuk Ibu Hamil, baca juga artikel yang lain ya Menghitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil. selamat membaca..



No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.