Thursday 13 February 2014

Jenis MAINAN ANAK-ANAK

Jenis MAINAN ANAK-ANAK - Bermain merupakan sebuah proses belajar bagi anak atau balita. Sebelum memasuki pendidikan seperti sekolah dasar, anak akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain sehari-hari. Untuk itu pilihan mainan anak-anak yang sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak agar proses belajar buah hati anda menjadi efektif. Dalam memiliki mainan untuk anak, anda hendaknya selektif bagaimana mainan tersebut dapat merangsang kemampuan si anak serta dapat menjadi pendamping yang baik dalam proses belajar si anak.

Jenis MAINAN ANAK-ANAK


Jenis mainan anak untuk anak laki-laki dan perempuan tentu saja berbeda. Namun hal yang harus diperhatikan adalah tentang bagaimana agar imajinasi anak dapat berkembang agar kreativitas dan kemampuan bersosialisasi dapat tumbuh dengan baik. Pilihlan mainan anak-anak yang akrab dengan kegiatan sehari-hari untuk anak. Misalnya saja untuk anak perempuan, anda bisa memilih satu set mainan untuk masak-masakan, telpon, atau peralatan medis seperti dokter-dokteran. Sedangkan untuk anak laki-laki bisa dipilihkan mobil-mobilan jenis yang digunakan untuk proyek, alat memancing, bola dan sebagainya.
Pada saat anak bermain, misalnya untuk anak laki-laki yang menggunakan mainan anak-anak seperti alat proyek bego, buldoser atau truk, anda bisa mengajaknya untuk bermain dipasir agar terlihat seperti berada diproyek sungguhan. Anak bisa memasukkan pasir menggunakan sekop pada truk dan mengangkutnya dari satu sisi kanan ke sisi kiri. Sedangkaan untuk anak perempuan, anda bisa mengenalkan sayur-sayuran pada saat bermain masak-masakan. Anda boleh menggunakan sayuran asli agar terasa memasak sungguhan.

Permainan tersebut hendaknya dilakukan bersama agar terasa lebih menyenangkan. Namun ada juga permainan edukasi yang bisa dilakukan tanpa teman, misalnya mainan anak-anak seperti puzzle atau melatih memasukkan benda pada sebuah tiang dari ukuran besar ke ukuran terkecil sehingga membentuk sebuah piramida yang berwarna warni. Permainan tersebut juga bisa dilakukan oleh ibu untuk pengenalan warna. Untuk puzzle, mainan tersebut berguna melatih kesabaran anak dalam memecahkan masalah. Selain itu puzzle juga dapat melatih konsentrasi pada anak. Namun, jenis mainan tersebut bisa digunakan ketika anak sudah memasuki sekolah seperti playgroup atau sekolah pra TK lainnya.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.