Sunday 16 February 2014

Membiasakan ANAK BAYI tidur sendiri

Membiasakan ANAK BAYI tidur sendiri - Menidurkan bayi dengan menggendong dan menyusui sebenarnya bukan suatu keharusan. Namun sebenarnya hanya karena kebiasaan yang seringkali diberikan orang tua atau pengasuh saja. Hal tersebut dilakukan karena pola tidur dari anak bayi yang tidak teratur dan juga mengganggu aktivitas dari orang tua, sehingga untuk mempermudah si bayi tidur adalah dengan cara menggendong atau menyusui.  Kasus tersebut sering banyak dijumpai oleh kebanyakan orang tua yang memiliki bayi. Maka dari itu kali ini saya akan berbagi tips menidurkanbayi agar bayi bisa tidur sendiri.

Membiasakan ANAK BAYI tidur sendiri


Untuk anak bayi dengan usia 7 bulan ke bawah, anda bisa memberikan mainan berupa gigitan yang biasa digunakan untk menstimulasi gigi pada saat akan mulai tidur. Berikan gigitan tersebut kemudian ajaklah anak bayi anda berbicara sambil menepuk  bagian pantat atau sambil menyanyikan lagu anak sampai dia tertidur. Orang tua atau pengasuh yang mendampingi juga hendaknya ikut berbaring tidur disebelahnya, temani dia saat berguling ditempat tidur sampai dia terkantuk.

Jangan langsung menggendong jika bayi anda merengek rewel dan menangis karena itu hal yang biasa. Pastikan anak bayi anda sudah makan dan minum susu, saat anda ingin mengajak dia tidur. Selain itu ketahui juga apakah waktu bermain dia sudah cukup, karena bayi akan tertidur dengan mudah jika lelah bermain. Dan hendaknya jadwal tidur untuk bayi di tetapkan sehingga dia akan terbiasa dengan rutinitas tidurnya pada jam-jam tertentu yang sudah ditetapkan.

Membiasakan bayi tidur sendiri tidak terlalu sulit bukan? Orang tua dan pengasuh hanya harus membiasakan tidak menggendong ketika anak bayi sedang rewel dan menangis, karena hal itu akan membuat kebiasaan tidur anak bayi yang tidak baik. Kalau bayi tersebut sering digendong, kurangilah kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Pada saat menangis cobalah untuk tidak menggendongnya, alihkan perhatiannya dengan mengajaknya bicara atau memberi mainan yang dia sukai. Dengan melakkan hal itu, dijamin bayi anda akan berhenti menangis dan sejenak lupa dengan tangisnya.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.