Wednesday 19 February 2014

Nama Anak Jawa Modern

Pada umumnya orang tua mengambil sebuah inspirasi nama seorang anak dari nama yang diambil dari kalangan nabi atau kalangan orang soleh lainnya. adapun selain nama nabi, mereka mengambil nama yang memiliki arti yang bagus seperti nama anak jawa dengan harapan sang bayi nantinya memiliki sifat dan juga kepribadian yang baik sesuai dengan nama, martabat dan derajatnya. Dengan kata lain, nama anak tersebut akan menjadi doa untuk sang anak agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik seperti nama yang telah disematkan.
nama anak jawa

Nama anak jawa bisa Anda pilih untuk memberikan nama kepada anak perempuan maupun anak laki-laki. Tak selamanya nama jawa ini identik dengan nama kampungan sebab nyatanya nama anak dalam bahasa jawa ini lebih banyak maknanya. Seperti salah satu contohnya nama-nama anak perempuan jawa yakni Adiratna yang berarti permata indah yang mulia. Selain itu, ada juga nama Adine, dalam bahasa jawa, nama ini berarti wanita yang lemah gemulai dan lembut. Sedangkan nama Ajeng, nama ini memang lebih identik dengan orang jawa, namun dibalik nama tersebut, ajeng bermakna perempuan yang cantik.

Adapun nama untuk anak perempuan jawa yang tak kalah bagus artinya yakni Anindita. Dalam bahasa jawa, nama tersebut berarti unggul dan sempurna akhlak maupun kecantikan wajah  si anak nantinya. Anindya dan juga Adriyani, yang berarti anak tersebut adalah sempurna dan juga memiliki derajat yang tinggi. Dengan kata lain, nama anak jawa diatas bermakna sebuah doa dan juga harapan untuk si anak agar menjadi anak yang sempurna akhlak maupun kecantikannya.


Dari nama diatas, kita bisa melihat bahwa nama anak bahasa jawa tak selamanya terlihat kuno dan kurang modern. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa melihat berbagai inspirasi nama anak jawa yang diambil dari buku nama-nama bayi atau situs internet. Atau jika tidak, orang tua bisa melihat daftar nama anak yang bisa didapatkan dari berbagai sumber mana saja untuk nama bayinya.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.