Friday 7 February 2014

Tips Mencari GAMES ANAK-ANAK Yang Mendidik

Tips Mencari GAMES ANAK-ANAK Yang MendidikMainan tentu menjadi barang yang wajib untuk anak. Selain sebagai alat untuk menghibur anak, mainan juga sekarang ditambah nilai fungsinya sebagai alat untuk mendidik anak lewat cara yang menyenangkan. Begitu juga dengan video games. Tidak hanya anak dewasa saja yang menggemari permainan ini, anak kecil pun juga sudah mulai menggemari permainan video games. Tapi tidak semua video games anak-anak sesuai untuk usia mereka. Diperlukan sikap orang tua dalam memilih permainan video games untuk -anak mereka.



Beberapa tips berikut dapat membantu orang tua dalam memilih video games anak yang baik dan mendidik. Yang pertama adalah pilih video games anak-anak yang sesuai dengan kemampuan anak itu sendiri. Selain itu sesuaikan pula dengan tahapan perkembangannya, dan permainan tersebut memiliki tingkatan permainan sehingga anak tersebut dapat menguasai permainan tersebut tahap demi tahap, dari level yang mudah hingga ke level yang sulit. Lalu pilih games untuk anak-anak yang memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih keputusan sendiri dan mengekspresikan dengan apa yang dia suka. Misalkan anak bisa memilih warna, bentuk, hingga karakter yang mereka inginkan. Hal ini dapat mengembangkan potensi mandiri dan kontrol diri pada diri mereka.

Ketika memilih permainan sebaiknya pilih permainan games anak-anak yang dapat dimainkan oleh beberapa pemain sekaligus. Saat sedang bermain bersama, berikan interaksi dengan anak seperti menanyakan beberapa hal mengenai games yang sedang dimainkan. Dan tanyakan pula bagaimana rasanya jika kalah atau menang. Satu hal yang perlu benar-benar diperhatikan adalah pilih games yang tidak menampilkan kekerasan dalam bentuk tindakan maupun perkataan. Dan tidak menunjukkan stereotype pada golongan tertentu. Misalkan seorang penjahat selalu ditampilkan dengan orang berkulit hitam, atau karakter yang jahat selalu berbadan besar. Alangkah baiknya jika permainan tersebut dicoba terlebih dahulu sebelum memberikannya pada anak.


Yang terakhir adalah perhatikan rating yang biasanya tertulis pada kemasan game tersebut. Agar dapat menilai apakah games tersebut cocok untuk anak atau tidak. Tidak semua video games anak-anak itu memiliki dampak yang buruk jika sebagai orang tua dapat memilih games apa yang terbaik untuk anaknya. Malah video games memiliki dampak yang positif untuk anak dalam mendukung perkembangan anak.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.