Friday 21 March 2014

TIPS Mengatasi Anak Susah Makan Nasi dan Sayur

TIPS Mengatasi Anak Susah Makan Nasi dan Sayur - Para orang tua sering sekali merasakan khawatir ketika anak tidak mau makan nasi, dimana pentingannya asupan nasi untuk pertumbuhan si kecil. Nasi disini merupakan sumber karbohidrat, tetapi anak-anak yang tidak menyukai nasi bisa digantikan dengan makanan pengganti sumber karbohidrat lainnya seperti : roti, kentang atau umbi-umbian. Yang harus anda hindari adalah memaksakan kehendak agar anak mau makan seperti memarahi, memaksa, membentak bentak dan yang lebih ekstrim lagi dengan memberi hukuman pada anak yang tidak mau makan dimana ini  bukan merupakan sebuah solusi yang tepat agar anak mau makan nasi. Karena memaksa anak makan hanya menimbulkan trauma anak pada makanan sehingga anak akan semakin takut dengan makanan nasi dan sayur. Ada beberapa tips agar anak mau makan.

TIPS Mengatasi Anak Susah Makan Nasi dan Sayur


Berikut ini kami sertakan beberapa Tips Mengatasi Anak Susah Makan Nasi dan Sayur, tips ini agar dapat membantu anak untuk menyenangi makanan dan makan dengan lebih mudah:

1.Mengurangi cemilan yang membuat anak kenyang

2.Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak

3.Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita berikan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda.

4.Sajikan makanan yang cukup bervariasi kepada anak sehingga anak tidak bosan.

5.Tambahkan susu secukupnya, tetapi jangan berikan susu pada anak dalam jumlah berlebihan. Kebanyakan pemberian susu yang berlebihan akan menyebabkan anak kekenyangan sehingga anak tidak mau makan lagi.

6.Berikan jadwal makan teratur dalam jumlah yang sedikit, jangan paksa anak menghabiskan makanannya

7.Hindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian dengan seksama terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagi

8.Bila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujian

9.Jangan biarkan anak minum dalam jumlah banyak sesaat sebelum makan. Karena minum dapat membuat kenyang dan membuat anak tidak mau makan.

Beberpa tips mengatasi anak susah makan di atas telah kami berikan, semoga anak anda sudah dapat makan setelah membaca artikel ini. Masih banyak Tips untuk anak lainnya yang dapat anda lihat di blog ini. Selamat membaca.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.