Thursday 24 July 2014

CARA BIJAK MEMILIH SUSU FORMULA UNTUK ANAK

CARA BIJAK MEMILIH SUSU FORMULA UNTUK ANAK - Susu formula standar merupakan susu formula berbahan dasar susu sapi, yang dapat diberikan untuk bayi cukup bulan (bukan prematur) yang memiliki kenaikan berat badan baik, tidak memiliki riwayat alergi makanan, ataupun tidak memiliki kebutuhan khusus lainnya terhadap susu. Walaupun berbahan dasar susu sapi namun susu formula standar memiliki komposisi zat gizi makro dan mikro yang mengacu kepada ASI. Susu formula standar umumnya dibagi berdasarkan usia:

   a.  Susu formula awal

Merupakan susu yang dibuat dengan komposisi berusaha menyerupai / mendekati komposisi ASI. Meskipun demikian pada kenyataannya memang tidak ada yang dapat menyamai kandungan ASI. Susu formula awal biasa memiliki logo angka 1 dan diperuntukkan untuk bayi baru lahir sampai usia 6 bulan.

  b.   Susu formula lanjutan

Pada usia 6 bulan ke atas bayi memang mulai mengonsumsi makanan padat namun bayi masih dalam tahap belajar.Formula lanjutan memiliki kandungan gizi yang disesuaikan dengan kebutuhan di usia 6-12 bulan.

   c.  Susu formula tumbuh kembang

Susu ini ada yang diperuntukkan untuk anak usia 1-3 tahun dan susu untuk usia 3 tahun ke atas. Perlu diketahui bahwa konsumsi utama anak usia 1 tahun ke atas adalah makanan padat yang sudah sama dengan makanan keluarga. Penambahan 2 gelas susu dalam sehari sudah cukup untuk memenuhi kadungan gizi anak di luar makanan utama anak tersebut.

CARA BIJAK MEMILIH SUSU FORMULA UNTUK ANAK

Berikut ini ada beberapa Cara Bijak Memilih Susu Formula untuk Anak, Selamat Membaca :
 1. Pilihlah susu bayi atau susu formula yang memiliki kandungan terbanyak namun dengan harga yang paling ekonomis. Hal ini tentu saja sesuai dengan hokum ekonomi: mendapatkan untung sebesar-besarnya dengan kerugian sekecil-kecilnya.

2. Kenalilah karakteristik bayi anda. Hal ini sangat penting, karena susu formula dapat merubah karakteristik bayi anda. Sebagai contoh, jika bayi anda termasuk bayi yang hiperaktif, maka berilah susu yang sesuai atau cocok untuk bayi yang hiperaktif agar ia tidak menjadi semakin hiperaktif sehingga pada akhirnya tubuhnya akan menjadi kurus.

3. Jangan selalu percaya terhadap rekomendasi orang lain tentang susu bayi atau susu formula. Hal ini disebabkan karena susu formula yang cocok bagi seorang bayi belum tentu cocok dengan bayi lainnya. Jadi, walaupun bayi teman anda cocok dalam meminum suatu merk susu formula, bisa jadi merk susu formula tersebut tidak cocok dengan bayi anda, sehingga ia menjadi terserang diare. Jika hal ini terjadi, segeralah hentikan pemberian susu formula merk tersebut.

4. Jangan sering menggonta-ganti merk susu formula bayi anda. Sebab, bayi anda bisa terkena diare. Seperti yang mungkin sudah anda ketahui, diare dapat menghambat pertumbuhan bayi anda. Tentunya anda tidak ingin bayi anda tumbuh tidak normal bukan?

Demikian Artikel kami yang berjudul Cara Bijak Memilih Susu Formula untuk Anak, semoga bermanfaat. silahkan baca artikel kami yang tidak kalah bermanfaatnya dengan judul TIPS JITU MENYAPIH ANAK 2 TAHUN YANG TELAH ASI EKSKLUSIF.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.