Monday 8 September 2014

14 TIPS JITU MENGATASI ANAK yang SUSAH MAKAN BUAH dan SAYUR

14 TIPS JITU MENGATASI ANAK yang SUSAH MAKAN BUAH dan SAYUR - Anak pasti mengalami masa masa dimana dia akan menolak untuk makan terutama sayur dan buah, pasti sebagian orang tua mengalami masa itu, padahal sebagaiman kita ketahui buah buahan dan sayur sayuran sangat mengandung banyak gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan buah hati kita, berikut ini ada beberap Tips untuk Mengatasi Anak yang Susah Makan Buah dan Sayur, silahkan disimak
14 TIPS JITU MENGATASI ANAK yang SUSAH MAKAN BUAH dan SAYUR

 
Tips mengatasi anak yang susah makan sayur dan buah1. Anak-anak akan selalu mencontoh segala perilaku orang tuanya, oleh karena itu beri contoh kepada anak-anak dengan cara makan lebih banyak buah dan sayur.

2. Pada saat mengenalkan / menyajikan makanan tsb jangan tunjukkan ekspresi wajah  kekhawatiran (takut anak menolak kalau si anak tahu di dalam makanan ini ada  unsur buahnya), kemungkinan besar anak susah makan akan menolak tawaran Anda.

3. Olah buah-buahan dalam bentuk milkshake atau Juice. Karena kebanyakan anak-anak akan tertarik untuk menyedot minuman dengan sedotan.

4. Bisa juga haluskan buah-buahan atau sayuran tersebut lalu dibuat agar-agar. Dan dicetak dalam bentuk-bentuk lucu yang disukai anak-anak.

5. Sekali waktu ajaklah anak Anda untuk memasak bersama. Kemungkinan anak kita akan lebih suka makan makanan yang dibuatnya sendiri.

6. Jika anak anda punya idola, entah itu artis cilik atau pun super hero, katakan padanya bahwa mereka semua jadi hebat seperti itu karena suja sekali makan buah dan sayur.

7. Ala bisa karena biasa. Pepatah ini bisa dipakai untuk memberikan sayur dan buah dalam porsi sedikit – sedikit dulu, sepotong buah atau sesendok sayur, tapi rutin setiap hari, hingga akhirnya si anak terbiasa.

8. Penyajian sayur harus menarik, misalnya dengan memotong wortel menyerupai bunga matahari, bentuk nasi dengan menggunakan mangkok agar berbentuk bulat, dan lain-lain

9. Ajaklah si kecil untuk ikut berkreasi dalam membentuk dan menghiasi makanannnya.

10. Sisipkan sayuran apapun yang cocok dengan makanan kedalam lauk agar tersamar, misalnya dengan membuat siomay dari ayam yang dicampur dengan daging giling.

11. Mengajari anak yang susah makan sayur juga dapat dilakukan dengan menunjukkan kelebihan sayuran-sayuran tersebut. Bagi anak balita, seorang ibu bisa mengajaknya berpura-pura mengolah makanan di dapur untuk makan malam,  dan anak mendapat bagian mengolah sayuran yang diminatinay berdasarkan bentuknya. Dengan lebih sering menemukan sayuran tersebut, anak yang susah makan sayur lama kelamaan akan mulai mencicipi sayuran tersebut.

12 Anak-anak selalu mencontoh segala perilaku orang tuanya, oleh karena itu beri contoh kepada anak-anak dengan cara makan lebih banyak buah dan sayur.

13. Di sela-sela waktu makan bersama ataupun ketika menyuapi mereka sediakanlah buah-buahan sebagai camilan guna membiasakan mereka untuk mengkonsumsinya.

14. Untuk ibu-ibu yang senang memasak buatlah sup dengan aneka kreasi dan hidangkan secara teratur kepada anak-anak.

Demikian lach 14 Tips Jitu Mengatasi Anak yang Susah Makan Sayur dan Buah, selamat mencoba dan berkreasi, semoga artikel ini bermanfaat dan buah hati anda jadi suka mengkonsumsi sayur dan buah selain itu baca juga artikel kami seputar anak dengan tema 8 TIPS MENGHILANGKAN RASA TAKUT ANAK KEPADA ORANG LAIN, peluk dan cium untuk buah hati anda semua...

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.