Thursday 11 September 2014

CARA MEMBUAT MAKANAN PENDAMPING ASI untuk SANG BUAH HATI

CARA MEMBUAT MAKANAN PENDAMPING ASI untuk SANG BUAH HATI - Menginjak usia 6 bulan sudah saatnya buah hati anda di berikan makanan pendamping asi atau susu yang sering di berikan kepada buah hati anda, untuk memulai makan si buah hati anda pasti gampang gampang susah,  berikut ini ada beberapa Cara Membuat Makanan Pendamping Asi untuk Sang Buah Hati, Selamat Mencoba...


Ada 4 cara umum memasak makanan bayi, yaitu:
1. Pengukusan.
Paling baik untuk menjaga nutrisi makanan dan memelihara warna sayur tidak berubah, seperti untuk brokoli dan buncis. Semua puree buah dan sayur biasanya saya kukus, kecuali kalau mau bikin saus apel, karena memang memakai sedikit air.
2. Perebusan.
Cocok untuk kentang, labu dan sayur jenis akar-akaran (roots). Kulit sayur akan melindungi isi sayuran dari panas, sehingga nutrisinya tetap terpelihara. Ingat untuk mencuci dan menyikat bersih kulit sayuran yang direbus bersama dengan kulitnya.
3. Pemanggangan.
Cocok untuk jenis-jenis squash, daging dan kentang. Seru juga untuk memasak apel.
4. Microwave.
Tidak terlalu dianjurkan karena alasan kematangan dan suhu yang bisa jadi tidak/kurang merata.

CARA MEMBUAT MAKANAN PENDAMPING ASI untuk SANG BUAH HATI

Langkah untuk memastikan kebersihan MPASI rumahan, antara lain:
1. Gunakan alat-alat yang baru dan bersih, selalu sterilkan terlebih dahulu, terutama di awal-awal perkenalan MPASI. Alat-alat ini diantaranya, adalah pisau, talenan, mangkuk, saringan, parutan dll. Terutama untuk kain lap, gunakan yang baru, bersih dan tidak pernah berkenaan dengan daging, telur mentah dan sejenisnya.
2. Bersihkan dan keringkan selalu talenan potong sebelum digunakan. Bila menggunakan talenan plastik, ganti dengan yang baru apabila permukaannya rusak dan menjadi sulit dibersihkan. Bila menggunakan talenan kayu, cuci bersih dan selalu tiriskan setelah dicuci, agar permukaannya selalu kering.
3. Simpan peralatan masak bayi ditempat yang berbeda dengan peralatan makan keluarga. Cuci, sterilkan dan tempatkan di wadah bertutup agar aman dari debu maupun kontaminan lainnya.
4. Cuci bersih dan sterilkan peralatan makan bayi, seperti piring, mangkuk, sendok, gelas minum dan lain-lain.
5. Bersihkan dan sterilkan wadah penyimpanan makanan dan bahan makanan bayi, hindari memakai plastic wrap dan wadah plastik yang menandung PVC dan BPA.

Cara Membuat MPasi
1. Makanan bubur sayur
Seorang ibu dapat memanfaatkan beberapa pilihan sayuran sebagai bahan utama bubur sayur. Ada banyak macam sayuran yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan jenis bubur bayi yang satu ini. Antara lain yaitu, brokoli, wortel, bunga kol, labu dan ubi jalar. Langkah utama adalah dengan mengupas dan membersihkan bahan utama tadi, kemudian masaklah hingga matang.

2. Makanan berupa kaldu
Bubur bayi jenis kaldu yang baik adalah kaldu yang terbuat dari kaki ayam. Kaldu kaki ayam memiliki kandungan vitamin dan gizi yang sangat tinggi dan berguna bagi pertumbuhan bayi. Tapi jenis makanan kaldu ini direkomendasikan bagi bayi yang sudah bisa mencerna makanan yang berbau bumbu dan jenis makanan padat. Adapun untuk bayi yang baru boleh mendapat makanan pendamping semi-padat, maka sebaiknya dihindari.

3. Bubur kentang brokoli
Bahan :
- 80 gram Daging ayam ( cuci, buang lemaknya lalu potong kecil-kecil)
- 200 gram Tahu ( potong kecil-kecil)
- 400 gram Kentang ( kupas, lalu potong kecil-kecil)
- 80 gram wortel ( kupas, lalu potong kecil-kecil)
- 240 ml Air
- 60 gram brokoli ( potong kecil-kecil)

Cara membuat bubur bayi:
- Masukkan wortel, daging ayam, kentang dan tahu ke dalam panci, tambahkan air, kemudian masak sampai mendidih. Tutup dan biarkan selama 35 menit.
- Masukkan brokoli, lalu masak hingga 10 menit, dan setelah kira-kita lunak, lalu angkat.
- Masukkan semua yang sudah di masak ke dalam blender, lalu haluskan. Tuang ke dalam mangkok dan sajikan segera setelah dingin.

4. Bubur pisang apel
Bahan :
-  250 gr pisang ambon, lalu rebus sebentar.
- 100 gr apel 9 kupas, potong kecil-kecil, lalu rebus sebentar.
- 4 sdm susu formula 1 ( seduh susu tersebut dengan 250 cc air rebusan pisang dan apel )

Cara membuat bubur bayi:
- Campurkan semua bahan dan masukkan ke dalam blender, lalu haluskan. Setelah itu tuang ke dalam tempat penyajian dan biarkan hingga agak dingin untuk disajikan.

5. Bubur susu
Bahan-bahan yang digunakan adalah tepung beras halus (3 sendok makan), susu formula ( 200 ml).

Cara membuat :
- Campurkanlah kedua bahan tersebut kemudian aduk hingga keduanya tercampur rata.
- Rebus kedua bahan tersebut, kemudian aduk hingga rat, rebus dengan api yang kecil. Panaskan hingga mendidih.
- Setelah selesai, aduk aduk hingga bubur tersebut dingin, setelah dingin sajikan dimangkuk bayi anda dan siap dikonsumsi.

6. Bubur susu kentang
Makanan bayi ini sangat baik untuk bayi anda.
Bahan yang digunakan : kentang yang sudah direbus dan sudah dikupas (1 buah), susu formula (100 ml), air (75 ml), tepung beras halus (1 sendok makan).

Cara membuat :
- Haluskan kentang yang sudah direbus tersebut dengan blender atau di haluskan dengan sendok, haluskan hingga benar benar halus, selanjutnya tambahkan susu, air dan juga tepung beras. Aduk semua bahan tersebut hingga rata.
- Rebus semua bahan tersebut, aduk aduk hingga mendidih dan bubir mengental. Setelah matang, aduk aduk hingga bubur dingin lalu dapat langsung disajikan.

Demikian sebagian kecil menu untuk buah hati anda yang siap untuk mengkonsumsi makanan selain asi atau susu, semoga artikel Cara Membuat Makanan Pendamping Asi untuk Sang Buah Hati bermanfaat dan selamat mencoba, jangan lupa baca artikel kami yang lain tentang seputar buah hati anda 14 TIPS JITU MENGATASI ANAK yang SUSAH MAKAN BUAH dan SAYUR. sehat selalu untuk buah hati anda...

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.