Friday 21 February 2014

Inspirasi NAMA ANAK MUSLIM

Setiap bayi yang dilahirkan pastinya akan diberikan sebuah rangkaian nama yang memiliki arti baik oleh para orangtua. Nama anak tersebut bisa diambil dari sumber manapun seperti buku maupun situs internet. Beberapa nama bisa dipilih dari bahasa Latin, Arab, sanksekerta dan berbagai daerah atau negara masing-masing. Memang banyak orang mengambil nama anak dari bahasa latin karena terkenal dengan keindahan namanya. Namun ada juga yang memilih Nama anak Muslim dengan harapan dan tujuan agar jika anak laki-laki menjadi anak yang soleh dan perempuan menjadi anak yang solehah.

Nama anak Muslim

Untuk Anda yang memilih nama anak berasal dari bahasa arab Asmaul Husna, maka ada baiknya jika menambahkan nama Abdul sebagai penghambaan kepada Allah. Misalnya saja untuk nama anak Muslim laki-laki seperti Ghoniy, maka Anda bisa menambahkan nama Abdul di bagian depannya. Selain nama diatas, Anda bisa juga memilih Nama anak Muslim yang dikiblatkan kepada nama para nabi, seperti Isa, Muhammad atau Yahya. Adapun, Anda juga bisa mengambil nama dari sahabat para nabi yang soleh dan berakhlak baik. Ini bertujuan agar anak Anda menjadi anak yang soleh layaknya para nabi dan sahabatnya. Atau juga agar bisa berakhlak baik seperti asma Allah SWT dalam Asmaul Husna.

Dalam memilih nama, ada baiknya Anda memilih Nama anak Muslim yang mengandung doa yang baik untuk anak. Selain itu, dalam memilih nama hendaknya orangtua juga memilih nama yang mengandung harapan. Anda pun boleh memilih nama anak perempuan maupun nama anak laki-laki yang baik, yang memiliki simbol kemuliaan bahkan dorongan agar si anak nantinya bisa berbuat kebaikan dalam urusan agama atau lain sebagainya. Anda tidak harus mengambil nama anak dari bahasa tertentu misalnya bahasa Arab yang ada dalam Al Qur’an.


Nama yang baik, tentunya bisa berasal dari bahasa apa saja. Yang terpenting nama tersebut mengandung makna yang baik. Terlebih nama anak yang mengandung kemaslahatan bagi si anak kelak agar menjadi anak yang baik, soleh dan solehah.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.