Thursday 27 February 2014

PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK Yang Wajib Anda Ketahui

Salah satu perkembangan anak yang wajib anda pantau adalah perkembangan dibidang sosial. Perkembangan sosial anak harus menjadi sebuah bukti jika anak tersebut tumbuh dengan baik. pada saat perkembangan sosial anak prasekolah memang tidak akan membuat anda kesulitan untuk memantau, hal tersebut dikarenakan pada saat usia prasekolah anak akan lebih sering di rumah. Dengan sering berada di rumah maka aktifitas sosial yang akan muncul lebih didominasi oleh keluarga.  Agar perkembangan sosial di rumah menjadi baik maka anda harus memberikan contoh yang baik kepada anak tersebut. salah satu contoh yang bisa anda berikan adalah bagaimana berperilaku sopan terhadap siapapun.

Perkembangan sosial anak

Akan tetapi pada saat anak anda sudah masuk dalam dunia sekolah maka anda harus mengawasi perkembangan sosial anak anak anda. hal tersebut dikarenakan pada saat anak masuk sekolah maka dia akan berinteraksi dengan banyak orang. Anak harus mengerti mana yang bisa dia lakukan dan mana yang tidak boleh dia lakukan. pada saat perkembangan sosial anak sekolah dasar anda harus selalu memantau agar anak anda bisa berkembang ke arah yang lebih baik.

Perkembangan sosial anak tidak bisa anda sepelekan karena jika anak anda salah dalam membangun interaksi sosial maka anak anda bisa tidak nyaman dalam interaksi sosial. Anda harus menanamkan sifat jujur pada anak anda. sifat jujur sangat penting dalam membuat perkembangan sosial anak anda menjadi lebih ke arah hal yang positif. Jika anak anda sudah terbiasa jujur maka anda bisa merasa nyaman.


Hal yang harus anda ketahui adalah mengenai perkembangan sosial anak dan remaja sedikit berbeda. anak yang sudah remaja harus anda pantau dengan baik karena pergaulan juga semakin luas, jika anak remaja tidak anda awasi dengan baik maka remaja tersebut bisa salah dalam melakukan interaksi sosial.untuk membantu proses perkembangan sosial anak maka anda harus terus memberikan perhatian terhadap anak tersebut. dengan perhatian yang lebih maka anak kesayangan anda bisa lebih dalam anda pantau. Semoga penjelasan mengenai perkembangan anak ini bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.