Wednesday 5 March 2014

KUMPULAN PUISI ANAK Sebagai Pembelajaran

Puisi merupakan suatu ekpresi yang diwujudkan oleh seseorang berdasarkan pengalamannya ke dalam bentuk tulisan dengan kata dan bahasa yang indah serta menggunakan perumpamaan maupun kiasan. Puisi umumnya dibuat untuk menyampaikan suatu pesan tidak langsung untuk seseorang dari seseorang. Pesan tersebut merupakan ungkapan atas suatu perasaan maupun suatu hal yang disertai dengan emosi dari seseorang. Puisi sendiri ada banyak macamnya. Salah satunya adalah puisi untuk anak. Kumpulan puisi anak biasanya menggunakan bahasa yang sederhana namun tetap indah dengan kata-kata yang ringan. Topik yang diangkat juga sederhana. Seperti misalnya kumpulan puisi persahabatan.

Kumpulan puisi anak

Selain itu ada pula kumpulan puisi anak pahlawan yang mana juga banyak dipilih oleh anak-anak sebagai tema untuk membuat puisi. Puisi adalah salah satu karya sastra yang singkat karena jika dibandingkan dengan novel atau cerpen, isinya lebih pendek. Dengan puisi maka anak dapat merasakan suatu kepuasan, kesenangan, kebahagiaan, dan juga keindahan dari bahasa puisi seperti misalnya pada kumpulan puisi anak tentang alam. Meskipun kumpulan puisi anak lebih banyak berisikan tentang pendidikan, namun justru dapat menumbuhkan karakter anak lebih baik dan anak mengerti akan pentingnya pendidikan. Saat anak membacakan puisi tentang pendidikan biasanya mereka akan dituntuk untuk juga mengamalkan isi dari puisi tersebut.

Anak biasanya mulai menerima materi mengenai kumpulan puisi anak pertama kali pada saat mereka duduk sekolah dasar. Anak akan lebih mudah dibentuk karakternya saat usia tersebut. Sehingga anak akan menjadi lebih bijak dan menjadi lebih dewasa. Selain itu selain manfaat yang didapatkan dari puisi untuk anak adalah karena budaya. Seni budaya yang dimiliki Indonesia sangat kuat. Puisi juga dapat melatih anak untuk lebih percaya diri berbicara di depan umum.


Kumpulan puisi pahlawan juga menjadi tema favorit yang banyak dipilih anak-anak. Bagian-bagian puisi terdiri dari kata, larik, bait, bunyi dan juga makna. Semua bagian tersebut memiliki pengaruh terhadap keutuhan untuk sebuah puisi. Termasuk pula untuk kumpulan puisi anak yang juga memiliki bagian tersebut di dalamnya untuk menciptakan sebuah puisi yang indah. 

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.