Thursday 6 March 2014

Mendidik Moral Menggunakan LAGU ANAK

Lagu anak saat ini sudah sedikit sekali beredar, berbeda ketika penulis masih berusia TK-SD. Pada saat itu acara televisi masih ada yang menyajikan acara khusus anak pada jam menjelang sore. Jenis lagunya banyak membawa pesan moral yang positif dan secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap perkembangan moral anak-anak. Tapi sekarang anak-anak lebih sering mendengarkan lagu atau melihat video klip lagu-lagu dewasa yang bertema cinta, cemburu, selingkuh dan sebagainya. Anak-anak sekarang lebih menghafal lagu boyband, lagu yang dinyanyikan oleh artis dewasa, jarang sekali yang menghafal lagu anak Indonesia seperti Naik-Naik Ke Puncak Gunung, layang-layang, Lihat Kebunku dan banyak lagu anak yang lainnya.

lagu anak
Pendidikan tidak hanya didapat dari sekolah yang sifatnya formal, pendidikan bisa didapat dari keluarga, lingkungan sekitar. Peran orang tua dalam memberikan pendidikan nonformal bisa menggunakan lagu anak untuk mendidik dan memberikan nilai-nilai moral. Tapi kini industri musik hanya berorientasi pada pasar dan keuntungan ketika memproduksi musik. Faktor ini menjadi kendala bagi perkembangan musik anak ditengah arus teknologi dan informasi yang lebih bebas, anak-anak membutuhkan benteng untuk menjaga moral dari efek samping adanya perkembangan tekonologi tersebut. kemajuan teknologi informasi seperti internet bisa dimanfaatkan untuk download lagu anak. Sehingga anak bisa dikenalkan dengan internet melalui youtube video klip lagu anak dan hal positif lainnya.


Sekarang saatnya orang tua menyelamatkan moral anaknya, hampir 70% usia anak sekarang lebih gemar menyanyikan lagu dewasa yang liriknya belum tepat untuk diucapkan untuk usia anak. Banyak koleksi lagu anak atau lagu anak Islami yang membawa pesan moral serta pesan nilai akhlak dalam agama. Batasi anak dalam menikmati tayangan televisi, berikan jam tertentu dengan tayangan-tayangan wajar untuk dilihat tetapi harus dalam bimbingan dan pengawasan orang tua. Sebagai orang tua harus memancing respon anaknya untuk menyanyikan lagu anak, misalnya orang tua yang menyanyikan terlebih dahulu kemudian anak akan sering mendengarkannya serta diajak bernyanyi bersama. Kurangilah koleksi mp3 di Handphone yang bertemakan lagu dewasa. Karena dengan sajian musik yang bertemakan anak-anak akan menjadi media untuk menanamkan nilai moral dan budi pekerti, nilai keagamaan, nilai nasionalisme yang banyak terkandung dari lagu tersebut.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.