Thursday 6 March 2014

CERPEN ANAK Media Pembelajaran dan Kecerdasan

Cerpen anak adalah sebuah cerita pendek yang menceritakan tentang sesuatu yang berkaitan dengan dunia anak. cerita pendek biasanya berisi cerita narasi atau fiksi yang mudah dimengerti oleh anak dengan mengambil tokoh manusia, pahlawan, hewan yang menarik perhatian dan bertujuan membawa pesan moral serta perkembangan psikologi bagi pembaca. Banyak pengarang cerpen anak menambahkan gambar yang menarik perhatian atau lucu untuk menarik perhatian anak, kadang anak akan menilai cerpen pertama adalah dari gambar atau sampul dari kumpulan cerpen anak. membiasakan membaca cerpen atau membacakan cerpen sebagai dongeng sebelum tidur sangat banyak manfaatnya untuk perkembangan anak Anda, lalu manfaat apa saja dari cerpen tersebut di artikel ini Anda akan menemukannya.

Cerpen anak

Membaca cerpen akan mempengaruhi rangsang otak anak dalam memahami alur cerita, penokohan dan watak sehingga pembaca akan memahami nilai positif dan negatif dari isi cerpen. Ketertarikan membaca cerpen anak merupakan salah satu metode untuk membiasakan gemar membaca serta menambah wawasan melalui isi cerpen, karena cerpen menceritakan tentang tokoh, sejarah, tempat yang menjadi pengetahuan bagi anak itu sendiri. Bagi orang tua yang membacakan dongeng sebelum tidur untuk anaknya, gunakan cerpen bergambar untuk menambah ketertarikan anak dan tidak membosankan sehingga muncul keinginan untuk belajar membacanya. Pada usia balita sangat menyukai gambar-gambar yang menarik atau lucu dan akan menambah kemampuan rangsang otak anak.


Membiasakan membaca cerpen anak membutuhkan kesabaran orang tua, anak-anak pasti sangat suka bermain bersama teman-teman. Tidak tepat jika dipaksakan untuk belajar ketika dia asyik bermain pada saat jam bermain, ketika malam sudah lelah seharian bermain atau bosan dengan belajar yang mengharuskan berhitung. Butuh waktu yang tepat dan menyesuaikan kondisi psikologis anak, untuk menarik perhatian gunakan cerpen anak sekolah yang berisi tentang materi yang ada di sekolah dengan cara penyajian yang berbeda menggunakan cerita narasi ataupun fiksi. Karena cerpen merupakan cerita, maka anak akan merasa nyaman dan santai dalam belajar tanpa dipaksa. Akan lebih bermanfaat belajar sedikit tapi masuk dalam ingatan daripada belajar berjam-jam tapi terpaksa, hanya sekedar melakukan rutinitas belajar tanpa masuk memori ingatan anak.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.