Tuesday 4 March 2014

Mengajarkan Anak Lewat Kumpulan LAGU ANAK

Lagu anak merupakan lagu yang dibuat dengan lirik dan melodi yang ringan sesuai dengan karakteristik anak-anak. Melodi dari lagu anak umumnya dengan tempo yang sedang dan lebih sering ada pengulangan.  Sementara lirik kumpulan lagu anak-anak menggunakan bahasa yang lebih sederhana dan mudah diucapkan. Di beberapa lagu anak dibuat untuk mengiringi permainan anak-anak. Kumpulan lagu anak juga sekarang bisa dibilang sedikit sulit ditemukan. Padahal anak sendiri sepatutnya diberikan lagu yang sesuai dengan usia mereka bukannya diperdengarkan lagu yang untuk dewasa.

lagu anak

Beberapa kumpulan lagu anak contohnya adalah Aku Seorang Kapiten, Balonku, Bangun Tidur, Bintang Kecil, dan masih banyak lagi lainnya. Kumpulan lagu tersebut memiliki irama dan melodi dan cerita yang sekaligus mudah untuk dihafalkan. Liriknya pun sesuai dengan kriteria anak-anak. Seperti misalnya untuk lagu Bangun Tidur. Di liriknya menunjukkan beberapa aktifitas yang dilakukan yang dimulai dari bangun tidur. Kumpulan lirik lagu anak tersebut secara tidak langsung lagu tersebut mengajarkan anak apa yang mereka harus lakukan setelah mereka bangun tidur.

Selain itu lewat kumpulan lagu anak juga dapat membantu anak mengenal warna-warna dan juga cara menghitung. Hal itu terlihat dari lagu Balonku. Di dalam liriknya tertulis macam-macam warna dan jumlah balon yang dimiliki. Lewat lagu maka anak akan mudah mencerna dan memahami. Lagu sebenarnya membantu anak dalam melatik otak kanan dan juga otak kiri mereka. Otak kanan berfungsi untuk kreatif yang ada hubungannya dengan music, warna, gambar, imajinasi, dan lain-lain. Sedangkan otak kiri berfungsi dalam hal berhitung, bahasa, angka, logika, dan lain-lain.


Sambil mendengarkan lagu, kita dapat meminta anak untuk mengingat lirik lagu tersebut, berhitung, dan tanya jawab mengenai lagu yang dinyanyikan. Sehingga dengan begitu maka otak kanan dan kiri dapat bekerja dengan seimbang. Lewat kumpulan lagu anak juga dapat melatih pendengaran anak, dan juga dapat mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan memperdengarkan lagu yang bertemakan pertemanan. Kumpulan lagu anak TK juga dapat membantu anak dalam berbicara. Karena terkadang anak susah saat berbcara biasa.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.