Tuesday 4 March 2014

Manfaat Membacakan CERITA UNTUK ANAK

Membacakan sebuah cerita untuk anak mungkin sudah  jarang dilakukan oleh orang tua saat ini. Kesibukan orang tua yang sudah tidak memiliki banyak waktu untuk berbagi waktu dengan anaknya menjadi salah satu alasannya. Padahal melalui cerita terdapat banyak sekali keuntungan dan manfaat yang bisa didapatkan untuk anak. Seperti dengan membacakan cerita menarik untuk anak dapat merekatkan hubungan antara orang tua dengan anak. Selain itu juga untuk psikologi anak juga bagus. Karena anak dapat mengembangkan kemampuan psikologisnya dan dapat mencerdaskan secara emosional.

cerita untuk anak

Manfaat lainnya yang didapatkan dalam membacakan cerita untuk anak yaitu daya imajinasi anak akan berkembang. Anak-anak memiliki daya imajinasi yang besar sehingga tidak jarang mereka sering kita temui memiliki teman khayalan karena mereka memiliki dunianya sendiri. Sebagai orang tua yang baik, harus bisa mengarahkan ke arah positif dan juga terkontrol. Daya imajinasi anak masih bagus namun tetap harus ada batasannya. Melalui cerita dongeng untuk anak, maka imajinasi anak dapat terarahkan dengan baik dan positif.
Selain itu dengan memberikan cerita untuk anak juga dapat meningkatkan ketrampilan anak dalam berbahasa. Cerita atau dongeng dapat memberikan stimulasi yang baik dan dapat merangsang anak dalam menyusun kata-katanya sehingga lebih terampil dalam berbahasa. Terutama bagi anak perempuan. Karena anak perempuan lebih fokus daripada anak laki-laki. Tentunya berikan cerita yang mempunyai nilai positif di dalamnya yang mana tidak mengandung kata yang kurang sopan atau kata yang belum sepantasnya didengar oleh anak-anak. Mendongeng juga dapat meningkatnka minat baca anak. Anak-anak akan menjadi merasa ingin tahu dan penasaran sehingga memicu mereka untuk membacanya sendiri. Dengan begitu membacakan cerita menjadi solusi yang dapat membuat anak tertarik untuk membaca.

Anak-anak belum mengetahui makna dari kehidupan dan belum tahu tentang moral. Maka dari itu dengan membacakan cerita untuk anak merupakan media yang tepat dalam menyampaikan pesan moral dan juga budi pekerti. Isi cerita moral untuk anak akan jadi lebih mudah diserap dan anak lebih mudah memahami karena diberikan langsung contohnya lewat tokoh di dalam cerita. Kepekaan anak akan situasi sosial yang ada di sekitar mereka juga menjadi lebih peka.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.