Monday 3 March 2014

CERITA PENDEK ANAK-ANAK Untuk Media Belajar Anak

Cerita pendek atau yang disingkat menjadi cerpen ini merupakan suatu cerita yang fiktif atau ceritanya tidak berdasarkan pada kejadian yang nyata yang banyak ditemui pada cerita pendek anak-anak. Cerita pendek umumnya cenderung lebih langsung ke pokok intinya dibandingkan dengan cerita-cerita novel yang lebih memiliki jalan cerita yang panjang dan juga rumit. Karena ceritanya singkat, kumpulan cerita pendek bisa mengangkat topik beragam jenis dan juga lebih menggunakan teknik sastra seperti plot, tokoh, bahasa, insight, dan tema yang lebih luas.

cerita pendek anak-anak

Cerpen untuk anak-anak dapat dijadikan sebagai media untuk menyampaikan pesan dan juga sebagai media pembelajaran untuk anak-anak dalam memahami apa itu budi pekerti. Cerita pendek anak-anak mengandung pesan moral yang menjadi teladan bagi anak-anak dan mengajarkan anak-anak mengenai apa itu makna dari kehidupan dari sebuah cerita. Teknik yang digunakan untuk menceritakan isi dari cerpen anak-anak adalah metode yang ampuh untuk mengenalkan anak-anak mengenai budi pekerti di dalam kehidupan. Seperti misalnya cerita pendek persahabatan antar anak sekolah yang mana mengajarkan anak-anak untuk bersosialisasi dan mengajarkan betapa pentingnya persahabatan yang baik itu. 

Cerita pendek anak-anak biasanya berisi mengenai cerita yang singkat dengan tokoh yang tidak lebih dari 3 orang. Dan biasanya cerita pendek mengalihkan dunia nyata dengan menggunakan cerita dari dunia hewan. Seperti misalnya cerita pendek anak tentang binatang Si Kancil. Cerita Si Kancil amat populer di kalangan anak-anak. Dan cerita pendek ini sering diceritakan oleh para orang tua dan menjadi contoh untuk mengajarkan anak-anak bahwa mencuri itu tidak baik. Cerita anak juga dibumbui imajinasi di mana anak dapat membayangkan sendiri alur ceritanya dan membantu anak dalam mencerna cerita.

Sebagai orang tua, sudah sewajibnya untuk menyampaikan pesan moral tiap cerita yang disampaikan. Sehingga anak-anak lebih mudah menyerap mengenai apa itu budi pekerti dan anak menjadi lebih paham akan tindakan terpuji yang harus mereka lakukan dalam bermasyarakat. Karena anak-anak masih polos dan belum mengetahui tentang banyak hal, sebaiknya pilih cerita yang lebih ringan dan tidak terlalu sulit atau kompleks permasalahannya. Ketika anak bertanya, jawablah dengan kata-kata yang mudah dimengerti olehnya. Membuat cerita pendek tidaklah sulit. Anda hanya perlu mencari ide tentang pesan moral apa yang ingin Anda sampaikan. Sebagai orang tua yang baik, jadilah peran guru yang lewat cerita pendek anak-anak.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.