Monday 3 March 2014

Mengajarkan Pesan Moral Lewat CERITA LUCU ANAK

Cerita bisa beragam macam jenisnya. Termasuk juga cerita lucu anak. Cerita lucu dapat membuat mood anak menjadi lebih baik. Selain itu juga dapat menghibur anak. Salah satu cerita lucu anak kecil yang juga menjadi banyak disukai oleh para orang dewasa adalah cerita tentang Abu Nawas. Setiap orang pastinya mengetahui tentang cerita lucu Abu Nawas yang jenaka dan dapat membuat orang yang membacanya tertawa. Ada saja kepintaran dan keluguannya dapat menghibur orang. Tak jarang pula cerita Abu Nawas dijadikan sebagai inspiratif dan juga bermanfaat.

cerita lucu anak

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Abu Nawas adalah kepiawaiannya dalam mengarang cerita rakyat. Biasanya ia mengarang cerita rakyat yang berdasarkan dengan keadaan masyarakat pada saat itu. Ceritanya juga dibumbui dengan humor yang dapat membuat siapa saja yang membacanya tersenyum geli. Tak sedikit pula kisahnya menggunakan unsur kritik. Namun tak sedikit pula juga bisa untuk cerita lucu anak karena mengandung beberapa unsur yang mendidik di dalamnya. Sehingga anak juga dapat mengerti tentang budi pekerti. Cerita lucu anak-anak memang tidak lepas dari yang mendidik juga.

Abu Nawas memang terkenal akan kepintaran serta keluguan yang ia miliki untuk menipu orang. Terkadang juga caranya dalam menipu orang tak pelak membuat kita tertawa. Abu Nawas lahir di Ahvaz, Persia. Ia keturunan dari Arab dan juga Persia. Ayahnya adalah seorang keturunan Arab, sedangkan ibunya adalah seorang keturunan Persian. Ia besar di Baghdad. Nama aslinya adalah Abu Nuwas al Hasan ibn Hani al Hakam. Abu Nawas adalah salah satu penyair terbesar yang juga sering muncul di beberapa cerita Seribu Satu Malam dan juga cerita lucu anak.


Ceritalucu anak tidak harus yang mengandung tentang berisi humor semata. Namun juga bisa dipadukan dengan pendidikan seperti halnya dengan kumpulan cerita lucu anak dari Abu Nawas. Pesan moral juga bisa disampaikan. Akan tetap bahasa yang digunakan dalam cerita Abu Nawas sedikit sulit untuk dipahami oleh anak-anak. Sehingga peran orang tua di sini dibutuhkan sebagai pendamping. Orang tua dapat menerangkan maksud dari cerita Abu Nawas sehingga anak dapat memahaminya dengan baik dan benar.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.