Sunday 2 March 2014

Membentuk Karakter Anak Dari Cerita Dongeng Anak-Anak CERITA DONGENG ANAK-ANAK

Sejak kecil kita sudah sering mendengar cerita dongeng yang sering dibacakan atau diceritakan oleh orang tua kita maupun dari guru kita. Salah satu cerita dongeng anak-anak yang sangat populer dan juga masih teringat sampai sekarang adalah cerita dongeng Cinderella dan juga Putri Salju. Setiap cerita dongeng memiliki pesan moral tersendiri di tiap ceritanya. Dengan cerita dongeng anak-anak bergambar menarik yang menjelaskan tiap alur cerita membuat anak-anak dapat memahami lebih jelas mengenai cerita yang disampaikan.
cerita dongeng anak-anak

Adapun beberapa cerita dongeng anak-anak untuk pengantar tidur berikut ini.
Cinderella
Sudah banyak yang mengetahui tentang cerita dongeng putri yang satu ini. Bercerita tentang seorang gadis yang disiksa oleh ibu tiri dan juga dua orang saudara tirinya. Hingga suatu hari Cinderella datang ke sebuah pesta yang diadakan oleh sang Pangeran di mana kedua saudara tirinya dan juga ibu tirinya turut pula datang. Dengan bantuan sihir, Cinderella berubah menjadi gadis yang cantik jelita hingga membuat Sang Pangeran jatuh cinta. Namun ada syarat yang harus dipenuhi oleh Cinderella yaitu tidak boleh pulang lebih dari jam 12 malam. Karena tengah asyik berdansa dengan sang Pangeran, Cinderella terburu-buru pulang hingga sepatu kacanya terlepas. Sang Pangeran mengadakan sayembara untuk menemukan pemilik sepatu kaca tersebut. Dan akhirnya sang Pangeran menemukan Cinderella dan menikahinya.
Putri Salju

Cerita dongeng anak-anak yang satu ini juga tidak kalah terkenalnya. Bahkan cerita dongeng ini juga dibuat serial filmnya dan juga kartunnya. Dongeng ini menceritakan tentang seorang ratu yang jahat terhadap Putri Salju dan ingin  membunuhnya. Namun Putri Salju selamat berkat ciuman dari seorang Pangeran dan mereka hidup bahagia selamanya. Cerita dongeng ini mengandung nilai moral bahwa orang akan mendapatkan balasan yang setimpal dengan apa yang dia perbuat. Seperti ratu jahat yang akhirnya hidup sengsara karena kejahatan yang ia lakukan. Dan Putri Salju hidup bahagia dengan pangeran karena kebaikannya.


Selain cerita dongeng di atas, ada cerita dongeng lainnya seperti Gadis Berkerudung Merah, Rapuzel, Putri Tidur, dan Serigala dan Tiga Ekor Babi. Namun tidak hanya dongeng dari luar saja. Bisa juga dongeng yang berasal dari Indonesia seperti Timun Mas, Malin Kundang, dan masih banyak lagi cerita dongeng anak-anak sebelum tidur. Demikian beberapa contoh cerita dongeng anak-anak.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.