Thursday 21 August 2014

8 TRIK MENGATASI ANAK SUSAH MINUM OBAT

8 TRIK MENGATASI ANAK SUSAH MINUM OBAT - Kita para orang tua tentunya tidak mau buah hati kita terserang sakit. tetepi jika sudah terserang penyakit mau tidak mau kita harus memberikan obat kepada buah hati kita, dan itu pastinya menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang tua untuk meminumkan obat kepada buah hatinya, kita yang sudah dewasa saja masih malas untuk meminum obat dikarenakan rasa obat yang pait, berikut ini ada beberapa trik Mengatasi Anak Susah Minum Obat, selamat membaca....

8 TRIK MENGATASI ANAK SUSAH MINUM OBAT

Trik Mengatasi Anak Susah Minum Obat
1. Hindari utk menyebutkan kata “obat” di depannya. Biarpun dia belum tahu apa itu artinya “obat”, tapi aku yakin dia mengerti konotasi kata itu: Mungkin dalam pikirannya obat adalah sesuatu yang tidak enak tetapi harus dia makan. Jadi, aku lebih suka membahasakan “obat” sebagai sirup enak yg akan menyehatkan badan (semangatnya bukan membohongi lho…)

2. Mulai dulu dengan seujung sendok, lalu coba lagi sampai beberapa kali. (memang capek sih, tapi mungkin memang harus begitu ya?)

3. Kalau dia sulit minum dengan sendok, dicoba dengan pipet (ada obat penurun panas yg menyediakan pipet di dalam kemasannya. tentu saja harus dicuci bersih dan kalau memungkinkan ya disterilkan.

4. Cara membujuk. Anda bisa secara halus membujuk anak agar mau minum obat. Misalnya, saat anak minta sesuatu, bilang padanya bahwa Anda akan membelikannya jika dia mau minum obat. Cara ini terbilang ampuh tanpa harus memaksa anak.

5. Minta dan pilihlah obat dengan rasa manis, Sebagai seorang ibu tentu Anda tahu, rasa manis merupakan rasa favorit anak, untuk itu usahakan untuk meminta dokter memberikan obat dengan rasa buah – buahan yang manis seperti stowbery atau jeruk.

6. Ciptakan suasana yang menyenangkan saat minum obat, Alihkan persepsi anak yang menganggap semua obat itu memiliki rasa pahit. Caranya cukup sederhana, ajaklah anak bercerita atau menonton video yang dapat membuat dirinya merasa bahagia. Perasaan bahagia inilah yang dapat mengalihkan fokus anak sehingga ia akan lebih mudah dibujuk untuk minum obat.

7. Campurkan obat dengan bahan makanan tertentu. Cara ini dimaksudkan agar anak tidak menyadari bahwa ia sedang minum obat. Campurkan obat – obatan yang harus ia minum ke dalam makanan atau minuman yang sangat ia sukai. Namun untuk melakukannya tentu Anda harus terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter tentang keamanan obat jika di campur dengan jenis makanan tertentu.

8. Setelah sukses minum obat, selalu berikan pujian dan kalau diperlukan, beri dia air putih agar sisa obat di dalam mulutnya bisa segera hilang.

Demikian lah artikel kami yang berjudul 8 Trik Mengatasi Anak Susah Minum Obat, semoga bermanfaat selain itu silahkan baca juga artikel kami yang lain yang berjudul KENALI WARNA dan BENTUK PUP (FESES) pada BAYI ANDA, thx
 

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.